Tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu 6 November 2022 dilaksanakan briefing persiapan keberangkatan Flight Jakarta –  Suvarnabhumi International Airport, Bangkok – Thailand, dan kembali lagi pada 13 November 2022, Kegiatan ini sebagai tindak lanjut program pelatihan NMS dalam melakukan menejemen dan monitoring site yang menjadi mandat dari Kementrian Kominfo sebagai bagian dari program transfer knowledge kepada Tim Operasion dan Project sebagai bagian dari upaya penunjang agar tercapai manfaat dan tujuan dari Proyek Pembangunan BTS 4G yang sedang berlangsung di kurun waktu 2021-2022 ini.

Sebagai dasar pelatihan dengan mengacu ke Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) Telekomunikasi dan Informatika diselenggarakan di wilayah pelayanan universal telekomunikasi dan informatika, yang meliputi:

  1.  Wilayah 3T, perintisan dan/atau perbatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Wilayah tidak layak secara ekonomi; dan/atau
  3. Wilayah lainnya yang masih membutuhkan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informatika.


Direncanakan akan terbangun 7904 BTS 4G yang tersebar pembangunannya di seluruh wilayah 3T (Terpencil, Terdepan dan Terluar) di Seluruh Indonesia. Untuk wilayah yang dikerjakan oleh Konsorsium Lintas Artha – Huawei dan PT SEI, meliputi wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat-Tengah dengan target pembangunan mencapai 1200 BTS 4G.

Diharapkan setelah kegiatan pelatihan atau training NMS ini dilakukan maka peserta pelatihan bisa menjadi tenaga ahli untuk operation dan maintenance site-site yang sudah service, atau juga sebagai supervisor yang akan mengawasi beberapa site BTS 4G di wilayah-wilayah yang akan mendapatkan site-site BTS 4G.

Conclusion

Although many industries still have challenges related to digital transformation, the Fourth Industrial Revolution is actually providing them with improved efficiency from the evolution of asset monitoring and maintenance. The implementation of new technologies within the operation allows reduced time spent on activities, fewer operators in the field, less errors and unscheduled downtime, and consequently decreased production costs. So, if the question was to understand if the development of new technologies really is the main lever to optimize the needs of the industry, the answer is for sure. Now it is only necessary to understand when to start applying these technologies in the operation.

Overseas Training: NMS & Digital Transformation
Tag pada:                                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram
WhatsApp